CARA MENGATASI KEBOSANAN

Pernahkan terfikir sobat melakukan aktifitas sehari-hari dan menjadi rutinitas, rutinitas seringkali membuat kita bosan bagaimana cara agar aktifitas dan rutinitas menjadi sebuah ultimate pembangkit semangat dalam menunaikan aktifitas sehari-hari.

Kebosanan cenderung membuat kita malas untuk menjalankan rutinitas, rutinitas hidup dan rutinitas pekerjaan di tempat kerja. Persiapan Mental dan semangat untuk menjalan aktifitas yang disebut rutinitas.


Rutinitas adalah sesuatu hal atau pekerjaan yang dilakukan berkali-kali dan berulang-ulang setiap hari. Kebosanan yang timbul akibat rutinitas ini mengakibatkan runtuhnya semangat untuk melakukan sesuatu. Bagaimana cara agar kebosanan akibat rutinitas tidak menjadikan  penghalang dalam menjalankan pekerjaan yang menjadi rutinitas dan menjadikannya menjadi sebuah pemicu timbulnya semangat didalam diri pribadi kita.


Kebosanan atau jenuh adalah bagian dari emosi dan perasaan manusia, efek yang timbul akibat kebosanan adalah emosi dan frustasi akan sesuatu. Dalam kesendirian atau ditengah ramainya hiruk pikuknya manusia terkadang timbul rasa bosan atau jenuh.

Hasil gambar untuk cara untuk mengalahkan kebosanan
Penyebab timbulnya rasa bosan atau jenuh :
Stagnan : stagnan merupakan keadaan dimana anda merasa kehidupan selalu stagnan atau sama dari waktu ke waktu tanpa adanya perubahan.
Kesendirian : Seringkali penyebab bosan yakni merasa sendirian atau tidak ada orang lain yang diajak untuk melakukan interaksi.
Tidak ada aktivitas : Umumnya beberapa orang mengalami kebosanan karena seringkali menghabiskan waktu dan melakukan kegiatan yang cukup banyak. Tetapi berhenti dalam waktu tertentu secara tiba-tiba.
Kondisi tidak menyenangkan : sebagian orang lebih menyukai kegiatan yang dinamis, dimana bukan hanya duduk diam atau mendengarkan orang lain namun menginginkan hal yang bergerak atau menghasilkan sesuatu. Karena kejadian inilah menyebabkan banyak orang menjadi lebih cenderung bosan.

Cara Mudah Menghilangkan Rasa Bosan 

Berikut beberapa cara mudah yang dapat dilakukan saat anda dilanda rasa bosan, diantaranya adalah :

1). Bersosialisasi
Bersosialisasi adalah cara pertama yang bisa membantu anda menghilangkan kebosanan. Dimana manusia merupakan makhluk sosial seperti yang kita ketahui, maka interaksi sosial tidak akan bisa dihilangkan dari naluri mendasar.
Jika anda merasa bosan atau jenuh cobalah untuk bersosialisasi dan mencoba mengenal lingkungan lain. Minimal kenal lingkungan diri anda sendiri, dengan begitu anda akan memiliki interaksi dengan orang baru, mengobrol, melakukan kegiatan bersama dan rasa bosan hilang dengan sendirinya.

2). Lakukan Hobi
Melakukan hobi merupakan trik jitu selanjutnya dimana anda bisa menghilangkan kebosanan. Contoh kecilnya saja anda bosan melewati jalanan Jakarta yang selalu macet dan melelahkan anda, maka ketika hari libur anda memutuskan untuk bersepeda di taman kota.

Selain karena memenuhi hobi anda sebagai seorang yang senang olahraga atau mengendarai sepeda, hobi juga bisa menuntaskan diri anda dari rasa bosan yang menyerang. Terutama bagi anda yang melakukan pekerjaan yang sama secara berulang dalam waktu yang lama.

3). Tidur
Tidur untuk mengusir kebosanan yang seringkali mendera sebagian orang. Tidur merupakan aktifitas yang mudah dilakukan namun bisa mengubah suasana hati seseorang menjadi lebih baik. Sayangnya tidur hanya bisa dilakukan oleh mereka yang mengalami kebosanan hanya dalam waktu yang singkat. Selain itu, tidur mungkin dilakukan bagi mereka yang melakukan rutinitas itu-itu saja berulang bukan untuk mereka yang bosan karena tidak memiliki kegiatan ataupun aktifitas.

4). Jalan-Jalan
Jalan-jalan adalah kegiatan yang paling mudah untuk menyegarkan pikiran. Menurut psikologi, jalan-jalan atau refreshing haruslah dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki kegiatan yang padat dan menjenuhkan. Dengan porsi 30% dalam hidup seseorang dalam satu bulan ia harus menghabiskan waktu untuk bisa berjalan-jalan dan juga menyegarkan pikiran.

5). Cari Suasana Baru
Beberapa orang memiliki kepribadian yang cenderung mudah bosan. Padahal pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan mungkin belum selesai ataupun belum dipertanggung-jawabkan. Untuk membantu anda menyelesaikan hal yang dikerjakan tanpa dilanda kebosanan cobalah untuk mencari suasana baru, jika bekerja maka cobalah untuk merubah posisi kerja agar dapat suasana baru dan lebih segar dalam bekerja atau berpikir.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CARA MENGATASI KEBOSANAN"

Posting Komentar

Pages

Arsip Blog